Email bukan sekedar alat untuk komunikasi tapi sekaligus sebagai sarana yang dapat di pakai untuk melakukan promosi dan penjualan. Email adalah senjata bagi para pemasar online. Mengapa kita tidak menambahkan strategi pemasaran via email untuk menjangkau banyak orang di samping aktivitas pemasaran offline yang telah kita lakukan?
Masalahnya, semakin banyak orang menerima email, semakin sedikit orang menaruh perhatian pada masing-masing isi email tersebut. Maka untuk tampil beda, para pemasar online harus berusaha menarik perhatian pada masing-masing isi email tersebut. Maka untuk tampil beda,Para pemasar online harus berupaya menarik perhatian para calon pelanggannya. Kita bisa mengkombinasikan marketting versi SEO dengan email marketting ini.
Sebenarnya pemasaran melalui email ini sudah lebih dulu ada. Biasanya promosi dalam bentuk ini di lakukan lebih halus, misalnya melalui mailing list yang relevan. Sehingga masih bisa di tolerir oleh anggota mailing list tersebut. Tapi sebaiknya hati-hati dengan penyajiannya, jangan sampai email yang kita kirim malah di anggap sebagai spam. Melalui email marketting semua penyampaian pesan pemasaran berjalan cepat dan fleksibel dalam bentuk newsletter, tanpa batas waktu dan biaya mahal . hanya saja, kemungkinan kecil file download secara cepat oleh target. oleh karena itu, sebaiknya pastikan bahwa email hanya di kirim kepada orang yang mau menerimanya saja.
Mengapa email marketting menjadi sarana pemasaran yang sangat effisien? Berikut ini beberapa hal yang mempengaruhinya, antara lain karena :
- Membantu mempromosikan produk tanpa menghabiskan banyak biaya, gratis malah.
- Bisa membina hubungan baik dengan calon konsumen, melakukan transaksi bisnis meskipun tidak bertatap muka secara langsung dan tinggal berjauhan.
- Mampu meningkatkan jumlah traffik dengan mudah dan cepat.
- Menarik pengunjung untuk datang kembali ke situs kita.
- Dengan email pelaku bisnis dapat menentukan waktu dan isi atau pesan yang ingin di sampaikan.
- Kegiatan email ini dapat mendorong calon pembeli untuk mengetahui dengan cepat produk dan jasa yang kita tawarkan.
- Bersifat fleksibel, bisa digunakan kapan dan dimana saja kita berada dan menjangkau pasar secara global.
Agar email marketting lebih efektif, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini
- Gunakan email opt-in agar terkesan bertanggung jawab, karena kita hanya mengirimkan email kepada mereka yang benar-benar bersedia untuk di kirimi informasi yang berkaitan dengan bisnis kita dan mereka pun bisa menghentikannya jika sudah tidak menginginkannya lagi. Cara termudah untuk menjaring opt-in adalah dengan menawarkan barang gratis, seperti ebook, software, artikel dan lain-lain.
- Gunakan panggilan nama orang yang dituju agar terkesan personal dari pada dengan menyebut anda.
- Ukuran huruf sebaiknya jangan terlalu besar atau pun kecil, biasanya antara 12-14. Hal ini memudahkan penerima email membacanya, apalagi layar monitor di anggap sebagai media yang tidak nyaman untuk di baca. Hindari penggunaan spasi yang longgar karena ini sangat mengganggu.
- Privacy merupakan hak asasi manusia. Ada baiknya mengirimkan email hanya kepada orang yang telah setuju di kirimi email. Untuk itu sertakan link permision policy.
- Gunakan huruf kapital atau italic sebagai penekanan kalimat.
- Isilah subject line dengan kata-kata yang memotivasi penerima email yang membukanya.
- Menyediakan pilihan format text. memang email berformat HTML atau email berisi video atau audio efektif meningkatkan respon pembaca. Tapi tidak semuanya dapat membacanya. Untuk itu ada baiknya menyediakan pilihan email berformat teks.
- Test email dan pastikan bahwa sebelum mengirimkan telah terformat dengan benar dan mudah di baca, sesuai dengan keinginan kita.
- Gunakan signature yang lengkap selayaknya kartu nama, yaitu dengan mencantumkan alamat situs web dan nomor telepon yang jelas.
- Satu email untuk satu topik jangan memasukkan semua isi pesan dalam satu email. Karena email yang panjang semakin orang malas untuk membacanya.