Sebagai pemilik situs kita wajib memprioritaskan kenyamanan pengunjung. Kenyataannya semakin hari menunjukkan bahwa pengunjung situs semakin tidak bisa mentolerir hal-hal yang mengganggu kegiatan online mereka. Jika kita mengabaikannya, jangan harap mereka akan datang lagi. Menurut survey yang dilakukan oleh Hostway, Ada 15 hal yang di anggap mengganggu oleh pengunjung situs yaitu :
- Iklan Pop Up.
- Keharusan menginstal software tambahan untuk melihat situs web.
- Link yang mati.
- Perlu register dan log on sebelum masuk ke situs web.
- Lambat dalam melakukan loading halaman web.
- Conten / isi yang basi.
- Navigasi yang membingungkan, sulit untuk menemukan halaman, terlalu banyak yang mengklik.
- Tools situs pencari yang tidak efektif.
- Tidak ada informasi kontak (hanya berupa halaman web).
- Ketidakmampuan menggunakan tombol browser kembali.
- Situs yang kadarluarsa, layer splash / flash atau animasi yang tidak perlu.
- Teks bergerak.
- Musik atau audio lainnya yang hidup secara otomatis.
- Tampilan yang buruk, seperti warna, font, format.
- Membuka halaman baru untuk sebuah link.
Sesuai urutannya, bahwa yang menjadi gangguan nomor satu bagi semua orang adalah iklan pop up sekitar 93%. Dari hasil di atas di ketahui pula bahwa jika pengunjung menemui gangguan tersebut, maka mereka akan melakukan hal-hal sebagai berikut :
- 76% tidak akan pernah kembali ke situs web tersebut.
- 74% meng-unsubscribe dari promosi dan surat menyurat.
- 71% Tidak akan pernah membeli dari situs tersebut.
- 71% menganggap negatif web tersebut.
- 54% melakukan komplain kepada teman dan rekan sejawat.
- 45% tidak akan membeli apapun dari perusahaan tersebut.
- Hanya 24% yang menyatakan akan melakukan komplain langsung kepada perusahaan.
Setelah memperhatikan hasil penelitian di atas, jangan dulu putus asa karena pada dasarnya setiap gangguan yang di sebutkan tadi masih bisa diperbaiki, seperti :
- Mencantumkan alamat jelas dan nomor telepon yang mudah di hubungi.
- Mereview konten dan link secara berkala.
- Membuang iklan pop-up.
- Meminta bantuan perusahaan terkait untuk menambah kecepatan dan kemudahan penggunaan intervace.
- Jangan membuat mereka meregister hanya karena membeli dari kita.
- Jangan pernah meminta (informasi kontak) kepada pelanggan tanpa memberikan alasan yang tepat.