Blog adalah singkatan dari web logs, yaitu semacam jurnal online berisikan pemikiran, kehidupan pribadi, yang di atur berdasarkan urutan. Yang membedakan blog dengan layanan berita online adalah pemilik blog biasanya individu, dari remaja hingga orang dewasa. Sejalan dengan perkembangan teknologi internet, blog kini tak hanya untuk kalangan individu, tetapi merambah untuk kalangan pelaku usaha. Melalui blog segala aktivitas pemasaran dapat mudah mereka lakukan. Mulai dari launching produk hingga penampilan gambar-gambar produk yang mereka hasilkan.
Selain kemudahan, biaya yang dikeluarkannya pun hampir nol alias gratis. Para pelaku bisnis ini tidak perlu menyewa jasa seorang ahli karena blog dapat dipelajari sendiri, apakah melalui buku atau bertanya kepada teman yang berpengalaman. Kuncinya hanya satu, yaitu kepercayaan dari konsumen tentang produk yang kita jual di blog, situs web hanya akan terlihat memuat informasi-informasi pokok saja, tanpa ada nilai jual yang di tawarkan. Padahal dengan adanya proses update, konsumen akan berfikir untuk kembali ke blog tujuan mencari info lain. Sehingga mereka mempunyai berbagai pilihan produk yang kita tawarkan melalui artikel. Agar blog dapat bekerja secara maksimal sebagai media pemasaran yang handal perlu proses yang butuh waktu dan perhatian yang cukup besar.
Kekuatan blog terletak pada fasilitas komunikasi dan jalinan link antar blog. Dampaknya hampir sebanding dengan promosi dari mulut ke mulut. Respon yang diberikan di dalam setiap postingan berfungsi seperti layaknya rekomendasi teman yang terpecaya. Tentu saja hal ini sangat efektif melebihi iklan-iklan jenis lainnya. Jika di kelola dengan baik, kita akan mendapatkan masukan-masukan yang beharga.
Blog mengambil peran besar dalam hal berdialog dengan pembaca tanpa batas wilayah dan waktu. Dengan fasilitasnya, blogger dapat menulis informasi terbaru sesering mungkin. Akibatnya pembaca akan lebih sering mengunjungi situs kita karena menginginkan untuk mencari informasi tersebut . Jika sudah begini, situs kita berpeluang menduduki peringkat teratas dalam mesin pencari. Semakin tinggi peringkat di dalam mesin pencari, semakin mudah konsumen menemukan blog kita secara tidak sengaja. Lalu bagaimanakah caranya agar bisnis kita melalui blog ini dapat di percaya konsumen?
- Mencantumkan berbagai macam komentar, baik dari berbagai tokoh daerah maupun seorang ahli terpecaya. Komentar-komentar tersebut haruslah yang relevan dengan bisnis kita.
- Menampilkan berbagai penghargaan berupa sertifikasi (atau foto-foto pendukung) yang pernah kita dapatkan.
- Publikasi kegiatan-kegiatan sosial, karena hal ini bisa menimbulkan simpati pengunjung yang datang ke situs. Bahkan di beberapa negara, publikasi seperti ini mendapat perhatian yang cukup tinggi dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.
- Melakukan interaksi dengan konsumen secepat mungkin ketika mereka memberikan respon melalui komentar. Reaksi cepat kita berikan memberikan citra positif termasuk kepercayaan bagi siapa saja yang belum mengenal kita sekalipun. Begitu juga dengan permintaan maaf dan solusi yang di berikan dalam merespon konsumen yang dipercaya dapat menimbulkan simpati terhadap perusahaan.
Meskipun blog banyak membawa kemudahan, tapi tetap saja keberadaannya harus kita sebarkan, baik melalui kartu nama perusahaan, brosur maupun spanduk. Selain itu, luangkan waktu untuk terus memperbaharui blog dengan artikel - artikel yang berhubungan dengan produk sehingga bermanfaat bagi pengunjung . Karena blog sangat berkaitan erat dengan hubungan antar konsumen, penjualan, mesin pencari dan reputasi bisnis, maka diperlukan kerja keras dalam pengelolaannya. Dengan demikian kehadiran blog membuat pemasaran di dunia maya menjadi lebih optimal.