Hampir semua layanan yang berjalan di internet bertujuan untuk membentuk komunitas, seperti email, forum diskusi dan mailing list. dan semuanya itu bisa digunakan sebagai pemasaran yang cukup efektif dan efisien. Semua member milis akan menerima email berisi posting dari member lain. Jika subjek email menarik, memberpun hanya perlu membukanya. Karena milis di internet beroperasi selama 24 jam nonstop, tentu saja hal ini menguntungkan kita sebagai pelaku bisnis. Proses pemasaran bisa dilakukan secara interaktif dan proaktif.
Tentu saja sebelumnya kita harus memilih milis dan relevan. Apalagi jika kita aktif dan serius menyumbang ide dan masukan di milis tersebut, tak bisa dipungkiri lagi bahwa kita akan dikenal sebagai orang yang ahli dibidangnya. Tentunya, citra bisnis kita pun semakin kuat di mata pelanggan.
Milis dapat bersifat satu arah dan dua arah. Milis satu arah artinya hanya kita sendiri sebagai owner yang bisa mengirim email, member lain hanya bisa menerimanya saja. Bisasanya milis ini digunakan oleh organisasi dengan member yang banyak untuk menyampaikan informasi atau berita tentang organisasi yang di ikutinya. Sedangkan milis bersifat dua arah memungkinkan member saling berinteraksi satu sama lain untuk bebas berdiskusi, kita juga bisa mengaturnya dengan mudah.
Agar kita di terima oleh member-member yang lain perlu memperhatikan etika bermilis berikut ini :
Ikuti Aturan.
Sama halnya ketika kita bergaul di dunia nyata yang harus kita jaga adalah kesopanan dan saling menghargai. Apalagi di sini kita tidak bisa bertatap muka, jadi memang agak sedikit sulit untuk memvisualisasikan perasaan. Untuk itu, usahan mengikuti semua aturan yang ada. Jangan pernah menghina dan melecehkan member lain. Apabila ada kritikan yang ingin disampaikan lakukan dengan pendekatan yang lebih personal tanpa menyinggung perasaannya atau bisa kita sampaikan melalui email ke yang bersangkutan.
Unjuk Diri.
Aktifkan diri melalui posting, bisa sebagai penyumbang ide atau saran. Semakin kita aktif di milis, semakin mereka mengenal kita. Selain itu kita menjadi lebih memiliki ruang untuk berpromosi. Setelah mereka tahu, bahwa kita memiliki produk yang ditawarkan , mereka akan lebih memilih membeli dari kita yang sudah di anggapnya sebagai sang ahli. Otomatis kepercayaan mereka akan tumbuh seiring dengan pertemanan yang terjalin disini.
Hindari Spamming.
Spamming adalah kesalahan terbesar. Jadi jangan lakukan spamming Apabila moderator milis tidak memperbolehkan melakukan promosi secara terang-terangan, sebaiknya ikuti. Jangan rusak reputasi yang terbentuk hanya karena spamming.
Jangan Ambil Kesempatan Dalam Kesempitan.
Misalnya jika ada salah satu member yang punya masalah dan kebetulan kita punya produk sebagai solusinya. Alangkah bijak untuk menyinggung produk kita tersebut. Perlahan tapi pasti lakukan pendekatan secara personal.
Jangan Ada Dusta Diantara Kita.
Berikan data diri, termasuk alamat dan nomor telepon yang mudah dihubungi. Disini kita sebagai pelaku bisnis online, maka sebuah kepercayaan sangat mahal harganya. Untuk itu jalinlah keterbukaan dengan para pelanggan. Dengan membuka identitas diri setidaknya kita sudah menunjukkan adanya niat baik. Tanpa semua itu, bisnispun tidak akan menuai hasil seperti yang di harapkan.
Milis dapat bersifat satu arah dan dua arah. Milis satu arah artinya hanya kita sendiri sebagai owner yang bisa mengirim email, member lain hanya bisa menerimanya saja. Bisasanya milis ini digunakan oleh organisasi dengan member yang banyak untuk menyampaikan informasi atau berita tentang organisasi yang di ikutinya. Sedangkan milis bersifat dua arah memungkinkan member saling berinteraksi satu sama lain untuk bebas berdiskusi, kita juga bisa mengaturnya dengan mudah.
Agar kita di terima oleh member-member yang lain perlu memperhatikan etika bermilis berikut ini :
Ikuti Aturan.
Sama halnya ketika kita bergaul di dunia nyata yang harus kita jaga adalah kesopanan dan saling menghargai. Apalagi di sini kita tidak bisa bertatap muka, jadi memang agak sedikit sulit untuk memvisualisasikan perasaan. Untuk itu, usahan mengikuti semua aturan yang ada. Jangan pernah menghina dan melecehkan member lain. Apabila ada kritikan yang ingin disampaikan lakukan dengan pendekatan yang lebih personal tanpa menyinggung perasaannya atau bisa kita sampaikan melalui email ke yang bersangkutan.
Unjuk Diri.
Aktifkan diri melalui posting, bisa sebagai penyumbang ide atau saran. Semakin kita aktif di milis, semakin mereka mengenal kita. Selain itu kita menjadi lebih memiliki ruang untuk berpromosi. Setelah mereka tahu, bahwa kita memiliki produk yang ditawarkan , mereka akan lebih memilih membeli dari kita yang sudah di anggapnya sebagai sang ahli. Otomatis kepercayaan mereka akan tumbuh seiring dengan pertemanan yang terjalin disini.
Hindari Spamming.
Spamming adalah kesalahan terbesar. Jadi jangan lakukan spamming Apabila moderator milis tidak memperbolehkan melakukan promosi secara terang-terangan, sebaiknya ikuti. Jangan rusak reputasi yang terbentuk hanya karena spamming.
Jangan Ambil Kesempatan Dalam Kesempitan.
Misalnya jika ada salah satu member yang punya masalah dan kebetulan kita punya produk sebagai solusinya. Alangkah bijak untuk menyinggung produk kita tersebut. Perlahan tapi pasti lakukan pendekatan secara personal.
Jangan Ada Dusta Diantara Kita.
Berikan data diri, termasuk alamat dan nomor telepon yang mudah dihubungi. Disini kita sebagai pelaku bisnis online, maka sebuah kepercayaan sangat mahal harganya. Untuk itu jalinlah keterbukaan dengan para pelanggan. Dengan membuka identitas diri setidaknya kita sudah menunjukkan adanya niat baik. Tanpa semua itu, bisnispun tidak akan menuai hasil seperti yang di harapkan.