Bagaimana Menggunakan Media Sosial Sebagai Strategi SEO

Upaya media sosial harus menjadi bagian dari strategi SEO Anda. Seiring meningkatnya penggunaan media sosial, Google dan mesin pencari lainnya tidak dapat mengabaikannya lagi. Ini berarti bahwa popularitas situs Anda di media sosial terkait dengan SEO Anda semakin banyak. Alasannya sederhana, jika orang membicarakan Anda, online atau offline, Anda relevan dengan topik yang ada. Selain itu, Anda pasti ingin tahu tentang percakapan ini. Dalam posting ini, saya akan memberi Anda beberapa tips mendasar tentang bagaimana menggunakan media sosial.

Cara menggunakan media sosial

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menyiapkan atau memperbaiki strategi media sosial Anda:

1 . Menjaga akun Anda tetap hidup.

Saran paling penting dalam penggunaan media sosial adalah Anda perlu menjaga akun Anda tetap hidup. Pastikan Anda posting secara teratur. Berbagi posting blog baru Anda adalah awal yang baik, tapi juga biarkan orang tahu apa yang sedang Anda kerjakan atau apa yang menarik minat Anda. Jika Anda pergi berlibur, jadwalkan posting untuk saat Anda pergi, atau setidaknya biarkan orang tahu kapan Anda akan kembali. Dan, setelah beberapa saat, Anda dapat mengirim ulang konten yang lebih lama untuk menarik orang ke situs web Anda dengan konten yang ada.

2. Tulis kutipan yang menarik.

Ketika Anda memutuskan untuk membagikan posting blog Anda di media sosial, pastikan untuk memilih atau menulis kutipan singkat dan menarik untuk menarik orang masuk. Misalnya, memilih kalimat yang paling penting atau poin utama dari posting Anda. Atau Anda bisa memilih untuk membagikan pengenalan posting blog, jika Anda merasa itu cukup menawan. Anda ingin teks ini membuat orang mengeklik tautan dan membaca keseluruhan pos. Dan memastikan bahwa orang dapat dengan mudah menavigasi ke halaman lain di situs Anda, begitu mereka berada di sana.

3. Diversifikasi

Anda dapat berbagi berbagai jenis pos di akun media sosial Anda. Seperti yang disebutkan di poin 1, Anda bisa membagikan posting blog Anda, tapi Anda juga bisa berbagi item berita singkat, video atau hanya beberapa gambar. Pos semacam ini bisa membuat brand kita lebih menyenangkan dan personal.

Untuk menentukan pos mana yang sesuai di media sosial, sebaiknya analisis jumlah tampilan, saham, dan sejenisnya. Tentu saja, kami menyarankan untuk berbagi jenis pos yang menerima banyak penayangan dan suka lebih sering.

4. Tangani komentar

Jika Anda membagikan posting Anda di media sosial, Anda juga bisa menerima komentar. Jangan lupa memonitor ini. Anda harus menangani komentar ini dengan cepat.

Komentar menambahkan konten ke posting blog Anda. Dan Google mengindeks semua konten di situs Anda, termasuk setiap komentar di setiap posting blog. Jangan bersemangat dulu, karena Google akan langsung mengenali komentar sebagai sekedar komentar. Nilai mereka untuk mesin pencari akan jauh lebih rendah dari pada konten asli dari posting blog. Menanggapi komentar di blog Anda maka tidak akan langsung memperbaiki SEO Anda, namun akan menghasilkan persentase pengunjung yang lebih tinggi.

Terkadang, orang tidak setuju dengan apa yang Anda tulis dan terkadang orang tidak puas dengan produk atau layanan Anda. Terkadang orang hanya jelas tentang hal itu. Komentar semacam ini adalah yang paling sulit ditangani.

Jika komentar di blog Anda benar-benar menyakitkan dan tidak senonoh (misalnya kekerasan atau rasis), saya akan menyarankan Anda untuk tidak menghapusnya sama sekali. Nama panggilan tidak ada tempat di blog anda. Tapi, saya tidak akan menghapus komentar dari pelanggan atau pembaca yang tidak puas. Tidak menanggapi komentar ini atau menghapusnya bisa menjadi bumerang, Jika orang tidak puas, mereka akan mengeluh tentang Anda melalui saluran lain, dan Anda akan terlihat seperti sedang menyensor keprihatinan mereka. Jadi, betapa pun sulitnya, Anda harus mencoba menanggapi komentar mereka dan mencoba menemukan sumber ketidak puasan mereka. Jika komentator tidak puas dengan produk atau layanan Anda, mintalah mereka untuk menghubungi telepon atau email untuk menyelesaikan masalah mereka.

Jangan takut ada diskusi di blog anda. Diskusi yang bagus dimana ada ruang untuk beberapa sudut pandang bisa menjadi hal yang baik. Ini memberi Anda kesempatan untuk benar-benar menunjukkan kepada audiens Anda keahlian dan pendapat Anda tentang topik tertentu. Selama diskusi itu sopan dan hormat, ini akan menarik pembaca dan membuat mereka kembali ke blog Anda.

5. Gunakan ilustrasi mengagumkan.

Bagi beberapa media sosial ( Pinterest dan Instagram ) itu semua tentang ilustrasi. Tapi juga pada konten visual Facebook sangat penting. Mereka membuat pos Anda menonjol dari semua pos lainnya dalam garis waktu seseorang, dan dapat meningkatkan klik per tayang.

6. Jadilah bagian dari masyarakat.

Jika Anda aktif di komunitas atau niche tertentu, Anda akan segera menemukan orang menarik lainnya di area yang audiens Anda ikuti. Ikuti mereka juga dan berinteraksi dengan mereka, ini bisa membantu audiens dan pendengar Anda tumbuh.

7. Tambahkan meta data.

Penggunaan tag yang cerdas juga dapat membantu pertumbuhan Anda. Misalnya jika Anda berada di sebuah acara, sertakan tag untuk acara tersebut di pos Anda, jadi semua orang yang menelusuri acara akan menemukannya. Ada juga hashtag untuk kepentingan atau teknologi tertentu. Beberapa orang mungkin bahkan retweet segala sesuatu yang diposting di hashtag tertentu, yang merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan posting Anda. Tapi jangan berlebihan! Tidak ada yang suka posting yang penuh dengan segala macam hashtag acak.

Kesimpulan

Media sosial adalah aspek kunci dari setiap strategi SEO. Menyiapkan strategi media sosial yang layak bisa menjadi sulit dan akan meminta sedikit kreativitas. Dan, pasti akan menghabiskan banyak waktu Anda. Tapi, itu akan sia-sia jika Anda memikirkannya, media sosial dan blogging sangat mirip dalam banyak aspek.

Related : Bagaimana Menggunakan Media Sosial Sebagai Strategi SEO