Beberapa Media Promosi Untuk Bisnis di Internet

Sejak internet di buka pertama kali untuk kepentingan umum, saat itulah publik menggunakannya sebagai media bisnis, mulai dari mempromosikan produk, pemesanan hingga pembayaran. Semua itu tentu saja tidak lepas dari iklan sebagai promosi yang bisa mendongkrak penjualan. Tanpa promosi jenis bisnis apapun tidak akan pernah mencapai tujuan.  Faktor yang juga tak kalah pentingnya adalah tempat untuk meletakkan iklan tersebut. Jika meletakkannya di tempat yang tidak potensial rasanya sia-sia. Seperti yang sudah di bahas sebelumnya, bahwa promosi untuk bisnis online ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti melalui :

Email

Media promosi yang satu ini di yakini masih yang terbaik dalam pemasaran online, karena berpeluang besar untuk di baca oleh yang bersangkutan. Kita bisa berpromosi ke email teman, relasi atau menggunakan opt-in.

Mailing List (Milis)

Bergabunglah dengan mili-milis populer yang memiliki banyak member. Sebaiknya carilah situs yang relevan dengan bisnis kita. Hanya perlu sekali posting di milis bisa terkirim ke seluruh member.

Paid To Read Mail Advertising.

Maksudnya seseorang akan di bayar untuk membaca email. Biasanya mereka di berikan waktu kurang lebih 15 detik untuk masuk ke situs link web kita. Beriklan di sini tidak membutuhkan biaya mahal dan ada jaminan bahwa iklan kita pasti di baca. tapi ingat di butuhkan tampilan halaman depan yang menarik.

Pay Per Click (PPC)

Contoh yang menyediakan PPC adalah google melalui Google adword dan Overture. Kelebihannya di banding promosi lewat mesin pencari secara gratis adalah mendapatkan target sasaran yang lebih terfokus. Kita pun bisa melakukan penawaran atas keyword yang akan kita gunakan. Hal ini memberi peluang situs berada di peringkat paling atas, asal mampu menawarnya dengan harga tinggi.

Forum

Kita bisa memposting artikel dengan topik menarik dan relevan. Jangan lupa untuk mencantumkan nama dan situs milik kita untuk menghindari sebagai spam. Diharapkan ketika orang lain membaca, mereka menjadi lebih penasaran dan akhirnya menyempatkan mengunjungi situs kita.

Tukar Menukar Banner atau Link.

Banner atau link kita yang muncul di situs orang lain tersebut, memungkinkan menjaring pengunjung baru yang merasa tertarik dengan judul yang kita tampilkan. Sehingga mereka akan berkunjung ke situs kita. Cara ini juga untuk menaikkan link popularity situs.

Mesin Pencari dan Direktori.

Inilah cara yang tepat agar situs kita di kenali oleh mesin pencari dan direktori tanpa mengeluarkan biaya. Tapi kita harus sabar menunggu situs kita terindefikasi oleh mesin pencari tersebut maksimal selama dua minggu. Selanjutnya konten situs harus di atur agar memenuhi kriteria mesin pencari.

Newsletter.

Penyebaran informasi mellalui newsletter sangat efektif, karena langsung menuju sasaran. Hanya saja biasanya penerima email tidak mau membacanya jika merasa tidak mengenal pengirimnya. Sebelumnya pastikan bahwa iklan tersebut di baca oleh mereka yang memang tertarik dengan topik newsletter.

Iklan Baris.

Disini tidak di pungut biaya alias gratis. Semakin banyak pengunjung situs tersebut, semakin besar peluang iklan kita di baca orang. sayangnya orang malas membacanya satu demi satu dari sederet iklan yang tertera. Selain itu juga kurang menarik karena tidak menampilkan gambar, padahal cenderung orang lebih menyukai gambar.

Guest Book.

Situs-situs pribadi atau forum, biasanya menyediakan guest book. Cobalah mencari situs yang paling banyak mendapat kunjungan, lalu pasanglah pesan kita di sana.

Chatting.

Kita bisa menyalurkan hobi sekaligus menghasilkan uang dengan berchatting. Pilihlah saluran yang ramai di padati pengunjung. Jangan langsung menawarkan produk yang kita punya, sebaiknya awali dengan percakapan. Setidaknya dengan cara itu kita bisa mengetahui latar belakang lawan bicara kita, selanjutnya bisa kita tawarkan bisnis yang akan berujung pada pembelian.

Related : Beberapa Media Promosi Untuk Bisnis di Internet