Kiat Sukses Bisnis Online

Mungkin kita merasa bingung melihat orang pamer penghasilan dari internet ? Apakah ini benar ? sekarang saatnya anda memaksimalkan penggunaan komputer untuk menghasilkan uang. Pada umumnya, bisnis yang dicari oleh semua orang adalah bisnis yang menguntungkan, mudah di urus, dan tidak memerlukan modal cukup besar. memang tidak mudah memulai suatu bisnis, apapun jenisnya. apalagi dalam bisnis secara online. Tapi jika kita mampu merancang bisnis tersebut secara serius, dapat dipastikan itulah awal dari kesuksesan. berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menjadi jutawan cyber :

Merencanakan Website Bisnis

Situs yang kita bangun harus dapat mewakili apa yang ingin kita tawarkan. inti tampilan sebuah situs bisnis adalah menyajikan informasi selengkap mungkin. hal ini akan membantu pengunjung situs untuk memutuskan akan membeli produk dari kita atau tidak.

Berapa bagian yang wajib ada dalam sebuah situs web bisnis adalah :
  • Propaganda promosi.

  • Penjelasan cara berbelanja.

  • Katalog produk yang ditawarkan.

  • Jaminan keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja.
Tentu saja, bukan hanya tampilan dan isi website saja yang patut kita pertimbangkan. Berikut ini beberapa hal yang patut kita pertimbangkan dalam merencanakan pengembangan website bisnis.

Tampilan Pada Halaman Pertama

Halaman pertama situs web merupakan kontak pertama antara pengunjung dengan kita. dari situlah pengunjung bisa memutuskan untuk membeli produk dari situs kita atau tidak. tampilan halaman yang bagus bisa membantu mengubah pikiran pengunjung dari yang hanya sekedar numpang lewat menjadi pengunjung tetap atau bahkan manjadi pelanggan kita.  Berikut ini beberapa bagian yang harus ada pada halaman pertama pada sebuah situs, antara lain:

Miliki Daftar opt- in.

Daftar opt-in bertujuan untuk menjaring daftar nama dan alamat email pengunjung agar kita bisa tetap berhubungan sekaligus membangun kepercayaan secara perlahan. oleh karena itu buatlah daftar opt-in yang mudah terlihat. Artinya, pilih warna bacground yang tepat. Atur kombinasi warna sekontras mungkin. intinya untuk mengarahkan mata pengunjung menuju daftar opt-in tersebut secara visual. dan supaya navigasi menjadi lebih mudah gunakanlah warna-warna link standar.

Isi / Konten Yang Relevan.

Isi yang kita tampilkan harus relevan dengan apa yang mereka cari ketika mengklik situs kita. pilihlah kata-kata atau kalimat pendek yang mudah dipahami.

Miliki Headline Yang Menjual.

Bagaimana pun headline yang terpenting bagi pengunjung. gunakan kata-kata yang mampu menjual dan pertegas huruf-hurufnya.

Gunakan Gambar-Gambar Pendukungnya Secara Tepat.

Pastikan apakah penampilan dari gambar-gambar tersebut benar. umumnya yang dicari oleh pengunjung adalah informasi, kecuali situs anda menjual tempat tujuan wisata, tentu saja membutuhkan foto atau gambar pendukung. oleh karena itu segera optimalkan gambar tersebut sehingga proses downloadnya berjalan dengan cepat boleh saja menampilkan animasi yang terkeren, tapi sekali lagi pengunjung hanya ingin melihat halaman web yang loadingnya tidak terlalu lama, menarik dengan informasi yang berkualitas.

Atur Tata Bahasa dan Pengejaan.

Periksa teks dan koreksi semua kesalahan, baik tata bahasa maupun pengejaan. karena hal ini akan menimbulkan kesan yang negatif terhadap kita dan perusahaan. sekali saja mereka berfikiran seperti itu maka akan sulit meyakinkan mereka terhadap produk dan jasa yang kita tawarkan, kesalahan pemberian kode HTML yang sederhana pun dapat merusak halaman.

Sistem Navigasi Yang Mudah Diakses.

Navigasi ini ibarat kompas yang menuntun seseorang agar tidak tersesat dijalan. Semakin banyak pilihan kompas, maka para pengunjung pun akan sangat senang berselancar di situs kita karena tidak khawatir tersesat. perlu diketahui, tidak semua orang bisa menggunakan teknologi bantu. untuk itulah perlunya memberikan mereka pilihan navigasi.

Singkat.

Usahakan memberikan semua informasi yang dibutuhkan pengunjung sesingkat dan seringkas mungkin. jangan gunakan lebih dari tiga kalimat untuk menyampaikannya. buatlah daftar point-point penting saja untuk menjelaskan keuntungan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Fokus.

Jangan coba-coba mempromosikan beragam jenis produk atau jasa dalam satu halaman. Sebaiknya buatkan terpisah, dan tetap fokus pada satu produk.

Teruslah Berkreasi.

Setelah selesai menyusun halaman pertama, teruslah menjaga dan menggali kreatifitas anda. Gantilah headline, warna bacground, dan lain sebagainya jika dirasa memang perlu. hal ini untuk menghindari tampilan halaman web yang membosankan. Bagaimanapun adalah menjadi tugas kita menjaga mata pengunjung agar tidak mengalihkan pandangan ke situs lain.

Sediakan Tempat Yang Cukup Untuk Promosi.

Sediakanlah cukup tempat di halaman pertama untuk iklan misalnya diskon yang diberikan, barang-barang sale, paket promosi, fasilitas cicilan dan lain sebagainya.

Menjelaskan Cara Berbelanja.

Memberikan penjelasan bagaimana cara berbelanja di situs web kita, prosedur pembayaran, pengiriman barang, pembatalan pesanan, dan penggantian barang atau garansi. jangan pelit dan sebaiknya hindari  Bermacam-macam denda (pembatalan, salah alamat), potongan-potongan yang tidak perlu, aturan-aturan yang memojokkan posisi pembeli, pelimpahan biaya dari pihak ketiga kepada konsumen. Dengan begitu mereka akan beranggapan bahwa kita adalah penjual yang loyal kepada konsumennya. ini penting.

Sediakan Katalog.

Buatlah katalog barang yang di jual, gunakan thumbnail (gambar kecil) untuk mempercepat proses loading, cantumkan harga yang berlaku saat ini, Jika harga barang yang ditawarkan sangat fluktuatif, sebaiknya cantumkan peringatan bahwa sewaktu-waktu dapat berubah dan sarankan pengunjung untuk lebih sering mengecek harga. Sebisa mungkin hindari mencantumkan harga "call" yang berarti pengunjung diminta untuk menghubungi kita terlebih dulu, untuk sekedar mengetahui harga barang tertentu bisa dipastikan ini tidak akan berhasil. sediakan informasi selengkap mungkin tentang barang yang paling banyak diminati oleh pengunjung.

Buatlah Pengunjung Merasa Aman danNyaman.

Kalau ada komplain tengah malam dari pengunjung kita harus siap melayaninya. kita harus menjelaskan secara terbuka yang berkaitan dengan prosedur pembatalan, garansi, jaminan mutu barang yang ditawarkan dan semua hal yang dapat membuat pengunjung merasa aman dan nyaman dalam hal berbelanja.  tapi salah satu yang tak kalah penting yakni menindak lanjuti setiap masalah yang muncul sesuai dengan janji-janji yang kita tawarkan sebelumnya. jangan sampai meleset dan lari dari tanggung jawab. ini merupakan suatu kepercayaan pengunjung bagi kelangsungan situs web bisnis kita.

Related : Kiat Sukses Bisnis Online