Bagaimana Cara Memulai Bisnis Di Internet

Pada dasarnya setiap pelaku bisnis baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata tugasnya adalah menjual produk (barang atau jasa) yang akan dipasarkan, baik itu produk milik kita sendiri atau hanya sekedar memasarkan produk orang lain. intinya, harus ada produk yang ditawarkan. jika ingin memulai suatu bisnis di internet, calon netpreneur istilah bagi wirausahawan di internet harus mengetahui dengan pasti produk yang hendak ditawarkan atau dipasarkan. berikut ini, beberapa cara atau langkah untuk mulai menjalankan bisnis di internet, yaitu :

Menentukan Ide dan Tema Bisnis

Sebelum melangkah lebih jauh, pertama-tama tentukan dulu tema bisnis yang akan dibangun. cari ide-ide kreatif yang layak di jual. temanya pun bisa bermacam-macam, tergantung minat dan keahliannya masing-masing. hal ini untuk mengantisipasi jika seandainya ditengah jalan di temui masalah, kita tidak terlalu kecewa dan putus asa. dengan di mulai dari yang kita suka biasanya kita akan lebih tertantang untuk menyelesaikannya jika muncul problem dikemudian hari.

Menganalisa ide atau tema bisnis tersebut

Tidak semua ide layak dikembangkan di internet. untuk itu diperlukan analisa atau riset pasar. cari tahu seberapa banyak tema tersebut dibutuhkan pasar? siapakah target pasarnya? siapakah para pesaingnya? pikirkan juga lingkup jangkauan usaha : apakah ingin menjangkau pasar luar negeri atau sebatas dalam negeri saja?

Mengumpulkan Conten (Isi) situs

Kini saatnya mengumpulkan situs yang akan dibuat. adapun isinya bisa berupa artikel, gambar, dan lain sebagainya tergantung dari tema yang di ambil.

Membangun situs.

Situs apapun yang akan dibangun, kita bisa membangun sendiri atau menyerahkannya kepada ahli. tapi kalo kita buta terhadap pemograman HTML dan mendisain situs,sebaiknya diserahkan kepada pihak ketiga. kita juga dituntut untuk mulai memikirkan pemilihan nama domain dan web hosting.

Melakukan Promosi

Langkah selanjutnya adalah berpromosi. sebagus apapun situs yang kita bangun, jika tidak melakukan promosi sama saja melakukan hal yang sia-sia. karena 80%  dari bisnis cyber ini adalah melaksanakan berbagai program promosi. apakah mungkin para pengguna internet yang jumlahnya milyaran tiap harinya mengenal situs kita jika tidak dipublikasikan kepada mereka.

Bersikap fleksibel

Jika ternyata hasil evaluasinya tidak menunjukkan peningkatan, coba kaji ulanglah setiap langkah yang sudah kita lakukan. jangan membuat tema baru, selama tema lama belum membuahkan hasil. hal ini untuk mencegah terpecahnya fokus terhadap apa yang kita kerjakan. alangkah baiknya juga dipikirkan juga tentang pemberian reward kepada pengunjung setia. dengan begitu mereka pun bisa meningkatkan nilai jual situs kita.

 

 

Related : Bagaimana Cara Memulai Bisnis Di Internet